Edutuber Nasional: Membuka Lapangan Kerja 500 Ribu Orang

Jutaan orang mendaftar lowongan CPNS 2018 dan 2019. Tapi hanya sekitar 200 ribu orang akan diterima sebagai CPNS. Masih ada jutaan lainnya terpaksa menganggur.

Edutuber Nasional memberikan harapan baru: membuka 500 ribu lapangan kerja produktif. Bagaimana caranya?

Data saat ini kita memiliki hampir 45 juta siswa SD, SMP, SMA. Bila ditambah dengan usia taman kanak-kanak maka kita bisa asumsikan total siswa kita 50 juta siswa. Asumsikan setiap 100 siswa memerlukan 1 pembimbing profesional ala edutuber.

50 juta : 100 = 0,5 juta = 500 ribu

Kita memerlukan tenaga kerja 500 ribu orang – terbuka lapangan kerja.

Berapa pendapatan atau gaji seorang edutuber yang membimbing 100 siswa? Asumsikan setiap siswa membayar 100 ribu x 100 siswa maka = 10 juta rupiah. Angka gaji yang sangat besar di atas UMR. Tetapi untuk wilayah di daerah luar kota barangkali seorang siswa cukup membayar 10 ribu rupiah x 100 siswa = 1 juta rupiah. Masih bagus juga mendekati UMR daerah masing-masing.

Mengapa edutuber ini penting? Pertama karena sekarang kita masuk era digital di mana setiap orang bisa akses internet dan youtube menjadi mudah. Kedua, setiap orang bisa jadi edutuber yang mengembangkan kualitas pendidikan secara positif hanya bermodal hp biasa dan aplikasi gratis. Ketiga, membantu pemerataan pendidikan nasional.

Saya sendiri telah menyusun program inisiatif edutuber nasional berupa workshop 3 hari.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Join the Conversation

2 Comments

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: