Cara Youtuber Sukses dengan Jurus Terakhir

Apa cita-citamu Nak? Jadi youtuber jawabnya.

Dulu anak-anak bercita-cita jadi dokter. Jaman ini anak-anak bercita-cita jadi youtuber.

Apakah karir youtuber lebih hebat dari dokter? Barangkali benar. Misal kita perhatikan Atta, Ricis, Arif, Raditya, dan lain-lain dikabarkan berpenghasilan lebih dari 1 milyar rupiah tiap bulannya. Wow… plus youtuber bebas bekerja sesuai hobi masing-masing. Tidak ada yang nyuruh hanya bersenang-senang saja.

Lagi pula penghasilan youtuber dalam bentuk dolar. Maka youtuber adalah pahlawan devisa.

Pada tulisan ini saya akan berbagi pengalaman saya berupa jurus terakhir untuk sukses sebagai youtuber. Maksudnya dengan trik pamungkas ini dijamin Anda akan sukses jadi youtuber. Masalahnya adalah pada konsistensi dan waktu.

Trik awal: memulai jadi youtuber dengan rencana maraton. Sudah saya bahas pada tulisan terdahulu silakan baca pada tautan berikut ini: Tiga Langkah Sukses Youtuber.

Trik menengah: memproduksi video konten dengan mudah dan berkualitas sudah saya bahas pada tulisan kedua. Silakan membaca dengan klik tautan berikut ini: Tip Memproduksi Video.

Trik terakhir: konsisten improvement kita bahas di bagian tulisan ini.

  1. Temukan cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan dan editing.
  2. Temukan cara meningkatkan kualitas konten video.
  3. Temukan cara memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi.
  4. Temukan irama yang konsisten untuk meproduksi konten positif.
  5. Gali lebih dalam analytic Anda dan perhatikan trending serta analytic canel lain.
  6. Buat video lagi sesuai analytic.
  7. Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas.

Lebih detil dari 7 trik terakhir youtuber di atas mari kita diskusikan di bawah ini. Saya akan menambah dengan beberapa contoh pengalaman pribadi sebagai youtuber.

Cara meningkatkan kualitas video adalah dengan editing. Banyak youtuber pemula mengira bahwa edit video adalah hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video sampai cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup optimal.

Dulu saya edit video pakai camtasia, di komputer. Lalu lebih mudah pakai inshoot di hp. Bahkan lebih praktis hanya pakai mobizen editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video saja. Caranya, setelah buat video dengan mobizen lalu buka video dengan mobizen. Ada pilihan edit – gambar mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa editing.

Makin mahir seorang youtuber maka ia akan efisien dalam editing. Bahkan saya sendiri berusaha untuk menghindari edit video. Caranya?

Tingkatkan kualitas video dengan persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa langsung bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload ke youtube. Video ini sudah bagus dan optimal.

Lupakan editing. Matangkan persiapan.

Persiapan saya yang paling penting adalah desain power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan animasi ppt. Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube. Sukses!

Meningkatkan kualitas konten video lebih penting dari editing video. Caranya coba perhatikan komen dan respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi yang lebih baik dari itu.

Saya mengamati untuk konten matematika para penonton lebih suka cara-cara yang mudah – bukan cara yang hebat dan sulit. Maka saya buat video dengan konten matematika cara mudah. Sukses.

Penonton ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian akhir dari video saya isi dengan pertanyaan ringan yang berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing menjawab soal mudah itu sekaligus menulis komen.

Cara murah dan efisien memproduksi video adalah: siapkan desain ppt, buka dengan polaris, rekam dengan mobizen. Itu cara saya. Anda mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.

Untuk memproduksi satu video durasi 5 menit maka saya perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu merekam 5 menit, dan upload ke youtube 5 menit juga. Dalam satu hari saya biasanya memproduksi 3 – 5 video untuk youtube.

Irama produksi video menjadikan youtuber bahagia. Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri.

Irama produksi menunjukkan keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama konsisten juga. Misalnya saya rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari libur saya kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang sibuk dengan suatu kerjaan lain maka saya cukup produksi 1 video saja atau tidak sama sekali di hari itu. Semua itu pilihan bagi saya. Bisa saya kerjakan bisa saya tinggalkan. Pilih yang paling nyaman. Itulah youtuber. Sukses dan bahagia.

Dalami analytic sedalam samudra Atlantic. Analytic dan trending memberi ide kepada kita tanpa akhir. Apa saja video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video paling trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang paling dicari oleh penonton?

Analytic memberi data yang lebih dari cukup – meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan kreativitas tanpa batas.

Video baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu?

Dari analytic penonton saya suka dengan matematika yang mudah maka saya buatkan video cara mudah perkalian yang sukses ditonton lebih dari 3 juta view.

Penonton saya berminat dengan tema jarimatika. Maka saya buatkan video Super Jarimatika yang sudah ditonton 1,7 juta view.

Tahun 2019 adalah tahun pemilu. Banyak orang perlu tahu bagaimana cara quick count. Maka saya buatkan video tentang quick count yang sudah ditonton jutaan kali hanya dalam 2 hari dan sempat masuk trending youtube.

Akhirnya, mengapa jadi youtuber? Untuk memberi dampak positif. Kecil atau besar yang penting berdampak positif. Saat kita fokus memberi dampak positif maka wajar saja bila diri kita terdampak positif juga. Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan bahagia bersama-sama.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Ikuti Percakapan

8 Komentar

  1. Alhamdulillah, sangT menginspirasi. Semoga bisa sy contoh dan menjadi panutan. Ingin sekali sy berjumpa dg Paman Apiq, ingin sy belajar lgsung dg beliau. Bisakah Paman?

    Suka

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: