7 Juta 50 Ribu Orang Indonesia Nganggur – Tanggung Jawab Siapa?

Wow… jumlah yang sangat besar sekali. Lebih dari 7 juta orang Indonesia menganggur!

Siapa harus bertanggung jawab?

Presiden Jokowi tentunya. Apakah presiden bersalah dalam hal ini? Belum tentu. Presiden barangkali sudah berusaha tapi hasil tidak maksimal. Saling terkait banyak hal.

Apa yang bisa kita lakukan? Ikut memperbaiki situasi ini.

Foto: Fuad Hasim
sumber: detik.com

Pemerintah bertanggung jawab menciptakan lapangan kerja dengan menciptakan sistem ekonomi dan investasi yang positif. Sehingga membuka banyak lapangan kerja. Tetapi membuka lapangan kerja konvensional tidak akan menyelesaikan masalah karena pertambahan angkatan kerja lebih besar – mengakibatkan pertambahan pengangguran lagi.

Kita perlu menciptakan lapangan kerja baru – digital dan fisikal. Dan setiap orang mempunyai peluang besar untuk sukses dengan kerja bidang digital – dan fisikal. Tidak mempersyaratkan ijasah, pengalaman, modal, atau lainnya.

Siapa yang tidak kenal Atta Halilintar? Dia berhasil menjadi orang berpenghasilan terbesar di dunia melalui youtube. Anda pasti kenal mendikbud kita!? Melalui aplikasi gojek, Nadiem, berhasil menciptakan ribuan lapangan kerja baru.

Anda kenal paman APIQ? Ya, saya paman APIQ. Dengan bantuan teknologi digital berhasil membuka lapangan kerja baru di beberapa penjuru negeri. Yang menariknya, paman apiq membuka lapangan baru, misal di luar pulau Jawa, tanpa pernah perjumpaan fisikal antara paman apiq dengan orang yang bekerja. Semua dapat terlaksana dengan bantuan media digital.

Saat ini pun saya mengembangkan ide “Edutuber Nasional” yang akan menyerap 500 ribu tenaga kerja baru. Edutuber membuka lapangan kerja digital yang diperkuat dengan kerja nyata fisikal. Semoga program ini ikut memajukan Indonesia.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: