Korban Digital: Indosat Vs Telkom

Beberapa hari ini kita mendengar berita mengejutkan. Indosat merumahkan lebih dari 500 karyawan dengan PHK. Sementara Telkom kena kritik pedas dari menteri BUMN: mending tidak ada Telkom.

Padahal Telkom dan Indosat adalah raksasa industri digital di Indonesia. Disrupsi bisnis digital kini telah mulai memakan induknya sendiri. Meski baru permulaan hal ini perlu terus diwaspadai. Goncangan bisa lebih besar dari perkiraan.

Dari sisi dunia pendidikan kita perlu strategi khusus menyiapkan generasi muda agar siap menghadapi dunia penuh goncangan.

  1. Fokus pada kompetensi paling penting dan meninggalkan tugas-tugas pendidikan yang tidak penting.
  2. Kompetensi paling dasar dalam pendidikan adalah: matematika, bahasa, dan sains. Perlu menemukan cara efektif dan efisien untuk fokus ini. Agar dalam waktu terbatas dan sumber daya yang ada para siswa mahir komptensi ini. Sehingga peserta didik masih punya banyak waktu luang untuk mengembangkan bakat-bakat dan karakter warga negara.
  3. Mengembangkan bakat siswa yang beragam. Bakat siswa tidak untuk diujikan. Tidak untuk diteorikan abstrak. Bakat perlu terus dipupuk dan dibina. Seni, olahraga, keterampilan, usaha, dan masih banyak bakat terbuka luas untuk berkembang.
  4. Karakter generasi muda sebagai warga negara yang mandiri, kreatif, tanggung jawab, kooperatif, toleran perlu bimbingan dengan teladan yang baik. Karakter ini juga tidak perlu diteorikan abstrak. Tapi perlu didigitalkan secara nyata melalui game digital atau video.
  5. Korupsi dan birokrasi di lingkungan pendidikan tentu perlu terus dibersihkan.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: