Nilai AMAN UTBK 2020 SBMPTN

Mudah saja untuk mendapatkan nilai aman UTBK SBMPTN. Cukup raih nilai di atas 700 poin maka aman. Passing grade tertinggi pendidikan kedokteran sekitar 700 – lebih sedikit atau kurang sedikit. Begitu juga STEI – Sekolah Teknik ELektro Informatika – ITB sekitar itu.

Jurusan lainnya umumnya di bawah itu.

Tapi itu semua hanya terjadi di tahun lalu 2019. Di mana nilai hasil UTBK diumumkan oleh panitia LTMPT ke masing-masing peserta. Lalu peserta mendaftar SBMPTN guna memilih jurusan program studi universitas yang diharapkan. Tahun lalu juga panitia menginfokan nilai minimum, rata-rata, dan maksimum hasil seleksi – yang bisa kita pakai merumuskan passing grade.

Tahun 2020 beda. Wajar saja karena merespon pandemi corona covid 19. Yang diujikan hanya TPS dalam UTBK. Daftar tes sekaligus memilih jurusan – tanpa tahu nilainya nanti berapa.

Tiap peserta hanya boleh mengikuti satu kali tes – tahun 2019 boleh dua kali. Belum ada info siswa boleh memilih 2 atau 3 program studi.

Maka untuk meraih nilai aman menjadi tidak mudah. Apakah nilai 700 jadi aman? Dari mana kita tahu nilai hasil UTBK?

Nilai try out sebagai prediksi menjadi gantinya. Masalahnya nilai tryout beberapa siswa mencapai 900 atau 1000 bahkan lebih dari itu. Semua pihak jadi ragu-ragu.

Saya sendiri menyusun beberapa cara untuk menyusun strategi nilai aman. Secara bertahap akan saya share melalui tulisan di web pamanapiq.com dan canel youtube.com/pamanapiq .

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: