Tetap Bahagia Meski Utang

Banyak orang jatuh miskin terlilit hutang. Negara pun bisa bangkrut karena beban hutang. Tetapi, teman yang satu ini justru makin sukses dan bahagia karena utang. Bagaimana bisa?

Utang memang bahaya, membebani, dan bisa menghancurkan. Itu adalah utang buruk. Beda dengan utang baik.

Utang baik, justru, mendorong orang lebih sukses. Usaha menjadi lebih produktif. Bahkan negara, dan masyarakat, makin maju karena terbantu oleh utang baik.

1. Utang Eksistensi
2. Utang Struktural
3. Manfaat Utang

Pertama, kita memang tidak bisa menghindar dari utang yaitu utang eksistensi. Kita berutang kepada ibu dan bapak kita. Ibu telah mengandung 9 bulan lebih dengan beragam kesulitan. Demi anak tercinta, yaitu diri kita, bisa lahir eksis di dunia ini. Utang eksistensi ini tidak pernah bisa kita bayar dengan lunas. Bagaimana pun kita tetap wajib membayar utang kepada ibu dan bapak.

Kedua, utang struktural. Khususnya utang struktural yang buruk memiskinkan rakyat. Kita perlu waspada.

Ketiga, manfaat utang terbuka luas. Kita perlu mencermati manfaat dan resiko utang dengan baik. Sulitnya, utang baik bisa berubah jadi utang buruk dan sebaliknya. Atau, utang buruk mencitrakan diri sebagai utang baik. Kenali utang dengan baik, lalu, manfaatkan dengan lebih baik.

1. Utang Eksistensi
2. Utang Struktural
3. Manfaat Utang

Iklan

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Ikuti Percakapan

1 Komentar

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: