Lebih Kejam dari Politik: Bitpower

Barangkali kita sudah akrab dengan ungkapan politik itu kejam. Bitpower lebih kejam dari politik. Apa itu bitpower?

Bitpower adalah kekuatan yang luar biasa dahsyat. Kita akan membandingkan dengan istilah bigpower dan biopower agar lebih jelas makna bitpower. Tentu saja bitpower punya dua sisi. Positif dan negatif.

Biopower will continue to thrive in France, says GlobalData

Sisi negatif bitpower lebih kejam dari politik itu sendiri. Sedangkan sisi positif bitpower lebih indah dari imajinasi terindah. Maka wajar bagi kita untuk memperjuangkan bitpower. Kita juga bisa membayangkan bahwa salah satu bentuk bitpower adalah bitcoin – cryptocurrency yang menerapkan teknologi blockchain.

Bigpower: Kekuatan Besar

Bigpower adalah kekuatan besar yang selama ini mudah kita kenali. Kekuatan tentara menyerbu musuh adalah contoh bigpower. Jaman kuno, bigpower adalah kekuatan yang paling besar. Penjajah menguasai wilayah jajahan dengan menggunakan senjata bigpower.

Penduduk asli yang melawan penjajah diancam dengan senjata api. Penduduk asli terpaksa menuruti kemauan penjajah itu.

Dalam kehidupan sehari-hari bigpower masih sering dipakai. Pejabat mengendalikan bawahan dengan bigpower. Bawahan yang tidak menuruti kemauan bos, bisa dipecat. Bawahan, terpaksa, menuruti kehendak bos.

Dunia pendidikan, sering menerapkan bigpower. Guru atau dosen bisa mengancam siswanya. Siswa yang tidak mengerjakan tugas dari guru, diancam dengan nilai buruk. Bahkan, guru bisa mengancam siswanya tidak lulus. Siswa terpaksa mengikuti perintah gurunya.

Suami bisa saja menggunakan bigpower ke istrinya. Seorang istri yang tidak menurut kemauan suami diancam siksa neraka. Di dunia, istri bisa diancam dengan kekerasan fisik pula.

Ancaman politik, ancaman hukum, ancaman kerugian ekonomi, dan berbagai ancaman lainnya juga merupakan bentuk bigpower.

Tentu saja, bigpower bisa bersifat positif. Bonus, gaji besar, kursi jabatan, kemewahan, dan lain-lain juga merupakan bigpower – dalam sifat positif.

Meski bigpower memiliki kekuatan besar, tetapi di jaman modern, mulai dikalahkan oleh biopower. Yang pada gilirannya, bitpower adalah yang paling dahsyat.

Biopower: Kekuatan Diri

Biopower lebih kuat dari bigpower. Jika big-power mengendalikan manusia dari luar, berbeda halnya, bio-power mengendalikan manusia dari dalam dirinya sendiri. Pada gilirannya, biopower ini yang akan mengendalikan bigpower itu.

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Ikuti Percakapan

1 Komentar

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: