Tips Memproduksi Video Konten Youtube Mudah Laris

Hari Selasa adalah hari paling baik untuk mengupload video ke youtube. Video-video paling laris di dunia diupload pada hari Selasa. Mengapa?

Ini adalah rahasia kecil sukses di youtube: pemilihan waktu yang tepat. Kita bisa menelisik misteri hari Selasa yang keramat ini bagi para youtuber. Hari Senin adalah awal orang masuk kerja. Mereka masih sibuk dengan urusan kerja sehingga tidak sempat nonton youtube. Hari Selasa urusan kerja mulai stabil maka orang-orang mulai melirik ke youtube. Beberapa konten menarik mulai meraih banyak viewer. Hari Rabu orang-orang mulai share konten youtube yang menarik mereka dan diikuti beberapa hari selanjutnya.

Hari Selasa adalah yang paling tepat. Hari Senin terlalu awal. Sedangkan hari Rabu terlambat sudah kalah oleh pesaing.

Tetapi hari Selasa tidak lagi keramat seperti youtube jaman dulu. Saat ini, tahun 2019, waktu keramat tidak ditentukan oleh hari Selasa melainkan tiap hari adalah keramat bila kita tahu momen dengan tepat. Pada tulisan ini saya akan membahas bagaimana memanfaatkan waktu keramat dengan memproduksi video yang mudah dan laris manis.

Grafik view hari Minggu sampai Sabtu salah satu canel saya

Sebelumnya, saya telah menulis 3 langkah menjadi youtuber sukses.

  1. Mulai langkah kecil dengan rencana maraton.
  2. Produksi video mudah dan berkualitas dengan tiga tipe: hub, help, dan hero.
  3. Konsisten improvement.

Poin 1 sudah saya bahas pada tulisan saya yang lalu. Kali ini saya akan membahas poin 2 yang ada kaitannya dengan waktu dan momen upload yang tepat.

Produksi video dan upload tiap hari: hub, help, dan hero

“Mas hari apa aja upload video di youtube?”
“Tiap hari,” jawabku.
“Masa sih?”
“Malahan 1 hari bisa 3 video sampai 5 video atau lebih.”

Rahasia sukses youtuber jaman now adalah upload tiap hari – istiqomah menjadi penting. Bagaimana bisa memproduksi video tiap hari?

Pertimbangkan 3 jenis konten video yang berbeda. Hub adalah video ringan yang saling terhubung. Anda dapat memproduksi video hub tiap hari dengan kualitas secukupnya. Viewer youtube tidak menuntut kualitas yang tinggi untuk jenis konten ini. Pemirsa lebih fokus pada isi dari video itu sendiri. Dengan cari ini kita bisa memproduksi video hub setiap hari dan tidak perlu editing sama sekali – atau sekedarnya saja.

Help adalah video ringan yang membantu viewer untuk memecahkan masalah tertentu. Sekali lagi video ini bisa kita produksi tiap hari tanpa editing. Viewer tidak memperhatikan kualitas video tetapi lebih ke konten yang membantu mereka memecahkan masalahnya. Sebagai contoh saya membuat video membahas soal matematika berhitung cepat perkalian. Tidak penting kualitas video tetapi yang penting bisa membantu mereka menghitung perkalian cepat. Sedangkan untuk video hub saya bisa membuat video perkalian bertahap bersama paman APIQ dari seri 1 yang membahas dasar-dasar sampai seri 20 perkalian tingkap lanjut.

Video terakhir adalah hero: video andalan kita. Hero kita rencanakan berbulan-bulan, pengambilan gambar ratusan kali, editing berhari-hari, dan menelan biaya tidak ringan. Video hero barangkali bisa kita produksi hanya 1 kali dalam 1 tahun atau dalam beberapa bulan.

Apakah video hero akan memberikan hasil yang lebih baik dari video hub dan help? Tidak pasti. Justru bisa sebaliknya. Video hub dan help dapat memberikan hasil yang lebih baik di youtube. Misalkan kita dalam satu tahun memiliki 1 video hero dan 300 video hub/help. Maka 1 video hero tidak ada jaminan akan sukses. Tetapi 300 video hub/help dapat kita mainkan dengan waktu keramat untuk upload.

Saya sempat membuat video hub yang menjadi trending youtube. Bahkan ini di luar dugaan saya. Saya baru tahu masuk trending ketika ada subscriber yang memberi tahu melalu kolom komen kalai video hub saya tersebut masuk trending Indonesia.

Saya membuat video hub tersebut hanya menggunakan hp dalam waktu kurang dari 1/2 jam. Pada awal April 2019 saya mulai seri pertama video hub yang membahas statistik dan penerapannya untuk quick count. Beberapa seri berikutnya mulai lebih detil statistik di pemilu Indonesia. Dan tepat pukul 15.00 lebih beberapa menit saya upload video hasil statistik qucik count pilpres 2019. Kontan saja dalam beberapa hari ratusan ribu kunjungan datang bahkan menembus jutaan views untuk video hub berikutnya.

Dengan mempertimbangkan mudahnya membuat konten video saat ini maka kita bisa lebih mudah konsisten membuat konten video hub/help. Jangan terjebak hanya memproduksi video hero saja.

(bersambung)

Iklan

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: