Youtuber Monetized Panen Dolar Sampai Milyar

Apakah hasil youtuber begitu besar? Sampai panen dolar? Dirupiahkan bermilyar-milyar?

Sebuah lembaga survey dari Eropa menobatkan Atta sebagai youtuber berpenghasilan terbesar di dunia asal Asia. Perkiraan tiap bulan Atta meraup dua milyar rupiah lebih. Wow…!

Saya akan sharing pengalaman pribadi sebagai youtuber lebih dari 11 tahun. Saya mengelola dua canel utama yaitu youtube.com/pamanapiq dan youtube.com/edujiwa yang fokus bidang edukasi. Tentu saja canel edukasi agak beda dengan canel Atta.

Tahun 2020
Benar bahwa tahun 2020 banyak youtuber Indonesia menghasilkan dolar cukup untuk penghidupan mereka dan keluarga. Setidaknya hasil dolar yang besar ini dirasakan pada tahun 2019. Saya pun merasakan dari peningkatan canel saya.

Tahun 2018
Waktu paling cantik bagi beberapa canel Indonesia melonjak dalam penambahan subscriber yang berdampak pada lonjakan peroleh dolar juga. Salah satunya canel Sabyan melonjak tinggi pertengahan 2018. Canel saya youtube.com/pamanapiq juga mendapat lonjakan dahsyat menjelang akhir 2018. Sedangkan canel edujiwa konsisten terus meningkat.

Saya memperkirakan tahun 2018 inilah tahun awal bahwa youtube di Indonesia mulai bisa dijadikan sumber penghasilan utama secara ekonomis.

Tahun 2012
Seingatku tahun 2012 atau akhir 2011 google mengirim email ke saya menawari apakah saya bersedia jika video dimonet agar menghasilkan uang?

Setelah saya pertimbangkan beberapa waktu maka saya bereksperimen menerima tawaran dari google tersebut. Selanjutnya beberapa iklan mulai muncul di video youtube saya.

Berapa penghasilan youtuber di 2012? Tentu saja masih kecil. Naasnya, canel saya Edujiwa justru tidak menghasilkan dolar sama sekali. Padahal iklan sudah tampil di banyak video edujiwa saya. Saya pikir mungkin sengaja belum dilaporkan oleh youtube.

Sampai suatu saat ketemu youtuber lain yang bercerita bahwa ia sudah menghasilkan dolar. Maka saya cari info dan terhubung dengan youtube pusat Amerika sana. Mereka bilang harusnya saya sudah menghasilkan dolar. Saya diskusi panjang, berbulan-bulan, dengan youtube Amerika untuk menyelesaikan masalah saya. Hasilnya: dolar saya tetap 0.

Awal 2013 saya mencoba membuat canel kedua yaitu youtube.com/pamanapiq dan langsung mendapat dolar.

Catatan: Tahun 2013 tidak perlu syarat macam-macam untuk monetized youtube. Mulai tahun 2018 ditetapkan syarat untuk bisa monetized adalah minimal 1 000 subscriber dan 4 000 jam tayang pada 1 tahun terakhir.

Tapi anehnya canel utama saya edujiwa tetap tidak mendapat dolar. Saya terus berdiskusi dengan youtube Amerika dan hasilnya tetap tidak ada dolar. Padahal semua proses sudah saya lalui dengan benar.

Jelang hari pendidikan nasional 2015 saya memperoleh kehormatan terpilih sebagai narasumber youtube Indonesia. Canel saya terpilih sebagai yang terbaik di bidang edukasi sejati. Dan saya berkesempatan sharing pengalaman membuat dan mengelola canel edukasi.

Bulan Februari, sebelum hardiknas 2015, tanpa pemberitahuan apapun tiba-tiba youtube mengirimkan dolar ke rekening saya dalam jumlah yang cukup besar. Tampaknya ini adalah penghasilan dolar sejak tahun 2012. Setelah itu penghasilan dolar berjalan lancar.

Tahun 2008
Belum banyak orang mengenal youtube di tahun 2008. Saya sudah optimis bahwa youtube akan menjadi media edukasi yang hebat. Orang-orang tidak percaya dengan keyakinan saya itu. Tapi saya terus maju dengan membuat canel youtube yang fokus bidang edukasi.

Berapa penghasilan dolar di tahun 2008? Tidak ada sama sekali. Karena tahun 2008 tidak ada iklan youtube di seluruh dunia. Bahkan di Amerika sendiri iklan youtube baru dimulai sekitar tahun 2010.

Saya tahun 2008 benar-benar fokus memanfaatkan youtube sebagai cara untuk memajukan pendidikan Indonesia. Tanpa ada pemikiran bahwa youtube akan menghasilkan uang apalagi dolar.

Saat itu membuat video masih sulit sekali karena kamera digital belum bagus dan harga mahal. Smartphone juga belum ada. Video editing sulit dilakukan. Benar-benar tidak mudah jadi youtuber di tahun 2008 itu.

Tetapi hasilnya bagus dalam jangka panjang. Tahun 2019, tiap bulannya, hampir 2 juta orang rutin belajar melalui canel youtube saya. Semoga video saya memberi manfaat bagi generasi Indonesia.

Dampak secara ekonomi juga cukup bagus.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: