Workshop Literasi Numerasi Hasil Terbukti

Sebagai narasumber di berbagai kesempatan literasi dan numerasi memberi saya banyak pengalaman. Salah satunya di akhir 2019 kami melaksanakan program literasi numerasi bersama lembaga Ulil Albab Tulungagung. Hasilnya mengagumkan.

Beberapa minggu lalu Ulil Albab menghubungi saya. Masyarakat sekitar heran, mereka ingin tahu bagaimana caranya Ulil Albab bisa mengajarkan literasi numerasi dengan menyenangkan. Hasilnya anak-anak jadi makin cerdas.

Screenshot_20190705-124603

Saya berbagi beberapa ide untuk mengembangkan literasi numerasi. Di antaranya sebagai berikut ini.

  1. Numerasi itu mengagumkan. Matematika makin indah dengan melihat pola. Numerasi menjadi asyik dengan petualangan pola. Beda dengan rumus yang cenderung kaku, pola menantang anak untuk tebak-tebak kreatif.
  2. Bermain dengan literasi dan numerasi. Saya berbagi beragam media untuk mengajak anak bermain literasi numerasi. Dari game kartu milenium ular angka sampai game kombi digital. Dengan gembira anak-anak bermain meningkatkan literasi numerasi.
  3. Literasi sederhana vs rumit. Mempersulit masalah itu gampang. Tapi menyederhanakan masalah itu jenius. Saya memberikan tips dan contoh-contoh menyederhanakan masalah literasi. Contoh literasi numerasi ini saya rangkum dalam buku saya berjudul: Bintangmatika.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Join the Conversation

2 Comments

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: