7 Juta Penganggur Raih Sukses Masa Depan

Hampir 7 juta angkatan kerja yang masih menganggur di Indonesia. Bagaimana para penganggur ini bisa maju meraih sukses masa depan?

“Dalam setahun terakhir, pengangguran berkurang 50 ribu orang, sejalan dengan TPT yang turun menjadi 5,01 persen pada Februari 2019. Dilihat dari tingkat pendidikan, TPT untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih tertinggi diantara tingkat pendidikan lain, yaitu sebesar 8,63 persen.”

Kabar baik bahwa pengangguran berkurang 50 ribu orang. Tapi ini hanya sedikit menggeser jumlah pengangguran dari 7 juta lebih sedikit menjadi 7 juta kurang sedikit. Dan ini masalah besar bagi sebuah negara seperti Indonesia. Maka pemerintah perlu mengembangkan strategi khusus. Rakyat, para angkatan kerja, juga perlu berjuang untuk meraih lapangan kerja dan usaha.

  1. Pemerintah perlu secara strategis dan sistematis menyusun solusi mengatasi pengangguran.
  2. Pemerintah berharap SMK jadi solusi menciptakan tenaga kerja produktif tetapi malah menyumbang terbesar angka pengangguran. Maka pemerintah perlu mengevaluasi menyeluruh program SMK.
  3. Secara personal, masing-masing angkatan kerja dan para pemuda harus berjuang meningkatkan skill agar mendapatkan pekerjaan yang layak.
  4. Dalam kondisi yang sulit lowongan kerja selalu terbuka untuk posisi sales dan marketing. Maka generasi muda perlu membekali diri dengan kemampuan sales marketing.
  5. Marketplace semacam tokopedia, bukalapak, lazada, dan lain-lain membuka peluang kerja bagi semua tenaga kerja yang mempunyai tekad untuk maju. Termasuk gojek, grab, youtuber juga.
  6. Wirausaha adalah solusi terbaik. Wirausaha membuka lapangan kerja baru.
  7. Produk digital bisa menjadi alternatif unggulan. Mudah, murah, dan terbuka.

Masih banyak ide yang bisa terus kita kembangkan untuk mengatasi pengangguran. Saya optimis kita bisa terus berjuang memanfaatkan angkatan kerja untuk kemajuan bersama. Kita memerlukan solusi struktural dari pemerintah melalui sistem pendidikan dan penciptaan lapangan kerja baru. Solusi personal pun harus terus kita sebarkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk semangat meningkatkan skill dan menjadi wirausaha.

Bagaimana cara agar penganggur bisa meraih sukses? Fokuslah pada solusi personal: semangat meningkatkan skill, mampu sebagai sales dan marketing, marketplace digital, wirausaha. Sementara solusi struktural dari pemerintah anggaplah sebagai bonus.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: