Edutuber Nasional: Edukasi Milenial Model Youtuber

Kita masuk pada jaman milenial yang jauh berbeda dengan jaman sebelumnya, termasuk di bidang edukasi. Sukses sistem pendidikan di jaman lalu bisa saja gagal total di jaman milenial. Namun kita optimis banyak hal positif dapat kita raih dengan pendekatan edukasi milenial. Edutuber Nasional adalah salah satu program inisiasi untuk melejitkan sistem pendidikan nasional meraih prestasi merata ke seluruh negeri.

Edutuber Nasional adalah program edukasi skala nasional yang memanfaatkan youtube dan media digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional sekaligus pemerataan pendidikan ke seluruh penjuru. Dengan mudah kita bisa menemukan argumen bahwa media digital dapat meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan nasional.

  1. Youtube dan berbagai platform media digital terbuka untuk diakses semua kalangan. Para guru, dosen, dan pendidik mandiri dengan mudah dapat mengupload berbagi ilmu terbaik melalui youtube. Guru-guru terbaik berbagi ilmu-ilmu terbaiknya melalui youtube pada girlirannya kualitas pendidikan nasional terbawa makin meningkat. Guru-guru lain dapat belajar langsung dengan narasumber terbaik di di bidang masing-masing.
  2. Youtube dan internet saat ini sudah bisa diakses di seluruh kecamatan di Indonesia. Maka seluruh siswa Indonesia di seluruh Indonesia dapat belajar langsung dari narasumber terbaik nasional dengan didampingi guru di tempat masing-masing. Maka tujuan pemerataan pendidikan nasional dapat kita capai dengan media digital ini. Bahkan dengan strategi khusus kita dapat mengembangkan infrastruktur internet untuk kawasan daerah tertinggal yang diarahkan untuk keperluan edukasi nasional.
  3. Tahun ini, 2019, kita akan memiliki kabinet baru maka kita berharap menteri pendidikan nasional yang baru akan dapat memanfaatkan program edutuber nasional menjadi program utama meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan Indonesia.

Di sisi lain, kita sudah tahu bahwa dampak negatif dari internet tidak sedikit. Tidak cukup kiranya kita hanya bertahan dari serangan dampak negatif internet. Kita perlu lebih maju memanfaatkan internet agar memberi dampak positif pada pendidikan nasional. Edutuber Nasional adalah program yang saya rancang sebagai program inisiasi berupa workshop 3 hari untuk edukasi nasional.

Saya sendiri sudah berpengalaman menjadi youtuber sejak 2008. Total lebih dari 11 tahun saya mengembangkan program edukasi melalui youtube: edutuber.

Bagaimana menurut Anda?

Iklan

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: