Prediksi Akhir Covid-19 di Indonesia

Prediksi terbaik pandemi corona di Indonesia akan berakhir 2 bulan ke depan. Awal September 2020 akan berakhir. Itu kondisi terbaik. Kondisi terburuk pandemi covid-19 tidak pernah berakhir di Indonesia.

Bila Indonesia mampu menurunkan angka reproduksi R di bawah 1 secara konsisten maka dalam 2 bulan wabah usai. Setelah itu tetap masih perlu disiplin untuk menjaga jarak agar tidak muncul corona gelombang selanjutnya.

Dari model matematika yang saya susun, seperti grafik di atas, maka awal Agustus akan ada 77 ribuan orang Indonesia terjangkit (total kasus). Dengan R = 1,10 turun menjadi R = 1,07.

Tapi kondisi lebih buruk bisa terjadi bila parameter perilaku sosial tidak terjaga. Nilai R bisa menanjak jadi 1,14 dengan total kasus mencapai 94 ribuan orang pada awal Agustus 2020. Hal ini dikarenakan parameter perilaku naik jadi P = 13%.

Solusi untuk menjadi kondisi lebih baik adalah dengan menurunkan parameter perilaku P = 3,9%. Total kasus bisa ditahan 67 ribuan orang di awal Agustus. Dan R = 1,02.

Angka kesembuhan bisa dinaikkan 2 kali lipat menjadi 4% akan memberi hasil yang lebih baik. Reproduksi berhasil turun di bawah 1 jadi R = 0,99. Pandemi mereda.

Dengan konsisten parameter perilaku bisa diturunkan lagi maka R makin cepat turun dan jauh di bawah 1. Tampaknya, grafik terbaik di bawah ini sulit dicapai. Karena 4 Juli 2020 saja sudah mencapai 62 142 total kasus.

Untuk merespon pandemi dengan baik kita perlu fokus pada dua hal: menurunkan parameter perilaku dan menaikkan angka kesembuhan.

Semoga berhasil dan sehat untuk kita semua.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: