Jejak Amerika Juara Corona

Covid-19 terus melonjak. Amerika menembus di atas 3 juta orang terinfeksi. Dalam sehari bisa lebih 60 ribu kasus positif baru. Di dunia pun penambahan sehari bisa lebih 200 ribu orang.

Apakah Indonesia akan menyusul Amerika yang sudah juara? Anda bisa menebaknya sendiri. Penduduk usa ada 300 juta orang lebih sedikit. Sedangkan penduduk Indonesia 300 juta kurang sedikit.

Pertumbuhan kasus di Amerika sekitar R = 1,07 (bisa lebih) adalah cukup besar.

Meski begitu, Presiden Trump mengklaim, secara salah, bahwa 99% kasus corona tidak bahaya sama sekali.

Apa yang akan terjadi berikutnya di Amerika masih tanda tanya besar. Saya membuat beberapa simulasi untuk Amerika sang juara corona. Barangkali kita bisa belajar dari usa untuk menghindari atau meniru mereka.

Jika angka reproduksi R berkisar di atas 1 kadang di bawah 1 maka kasus tidak akan selesai.

Kasus melonjak mencapai 37 juta orang dalam 40 pekan ke depan. Total aktif sempat terendah di bawah 1 juta tapi bisa naik lagi sampai 2,5 juta. Ini jumlah orang yang terlampau besar untuk dirawat di rumah sakit.

Tetapi dua bulan terakhir saya tidak melihat nilai R di bawah 1. Hampir konsisten di atas 1 nilai reproduksi corona di Amerika. Maka saya buatkan simulasi dengan R = 1,03 konsisten.

Total kasus terus menanjak mencapai 85 juta orang lebih di 40 pekan (10 bulan) ke depan. Total kasus aktif saat itu lebih dari 7 juta orang. Jumlah orang meninggal tentu saja banyak. Barangkali sekitar 3 jutaan orang.

Tentu saja ini kasus yang sangat berat.

Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari Amerika?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: