FILSAFAT PENDIDIKAN: NYATA BERGUNA

Kita sepakat. Semua orang sepakat bahwa pendidikan adalah kegiatan paling berguna sepanjang masa. Di bagian ini, saya berbagi tentang filsafat pendidikan.

1. Kurikulum Sedikit Menggigit

Kurikulum baru, kita harapkan, berhasil memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia. Kita membutuhkan kurikulum yang langsing: kurikulum yang sedikit tapi menggigit.

2. Filosofi Kecerdasan Majemuk

Gardner merumuskan konsep kecerdasan majemuk atau multiple intellegences. Kita perlu mendidik beragam kecerdasan generasi muda dengan cara-cara yang kreatif.

3. Filosofi Komunikasi Aktif

Habermas meyakini bahwa kemampuan manusia berkomunikasi secara aktif adalah tanda manusia paling beradab. Sehingga, kita perlu membekali anak didik dengan kemampuan komunikasi agar mereka mampu meraih cita-cita tertinggi melalui beragam lingkungan sosial.

4. Filosofi Kesadaran

Chalmers menghadapi misteri kesadaran manusia yang begitu mempesona. Setiap siswa memiliki tingkat kesadaran yang berbeda-beda. Kita perlu mengembangkan kesadaran anak didik untuk terus bergerak maju.

Dan masih banyak tema-tema filsafat pendidikan yang akan terus kita bahas. Semoga diskusi filsafat pendidikan ini memberi manfaat bagi kemajuan umat manusia.

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: