Rahasia Hidup Bahagia sampai Tua: Mainkan Game ini

Apa yang mebuat orang bahagia? Banyak uang. Bukan! Sukses kaya raya. Bukan! Sehat plus passive income melimpah. Bukan!

Yang menjadikan tiap orang bahagia adalah bersyukur! Ah… jawaban jadul oleh orang-orang gagal. Mereka hanya berkilah mengatakan bersyukur. Nyatanya hanya menghibur diri sendiri agar bahagia semu.

Tidak!

Saya pastikan bahwa rasa syukur adalah kunci bahagia sampai tua bahkan kunci bahagia dari kapan pun sampai kapan pun. Tapi hanya syukur sejati yang bisa menjadikan manusia bahagia sejati pula. Syukur palsu hanya akan menipu.

“Cara hidup bahagia adalah dengan membahagiakan orang lain,” kata Profesor saya waktu itu. Saya setuju. Membahagiakan orang lain adalah bentuk syukur kita paling sejati.

Tetapi makin tua kita maka makin renta badan kita. Apakah kita tetap bisa bersyukur untuk meraih bahagia? Jawabannya adalah: mainkan game ini. Game yang membuat kita tertantang untuk membahagiakan orang lain dengan kontribusi nyata. Masing-masing orang barangkali akan memainkan game yang berbeda-beda. Saya sendiri mengembangkan beberapa game. (Berikut ini sebagiannya.)

1) Game digital dan natural. Saya memainkan kedua game beriringan. Game natural, saya mengajarkan matematika kepada siswa dengan tatap muka langsung. Saya mengembangkan beragam metode agar siswa tertawa bahagia bersama matematika. Mengajar matematika adalah game natural bagi saya yang menantang untuk menggunakan beragam cara membahagiakan generasi muda.

2) Saya memainkan game digital dengan mengajar matematika melalui youtube. Game ini memiliki misi membahagiakan subscriber dengan matematika asyik. Saya berencana memainkan game digital dan natural ini sampai tua selama masih ada waktu di dunia.

3) Main game bersama anak-anak milenial. Tentu seru sekali bagi generasi tua dapat bermain bersama anak-anak muda. Kita memang bisa. Saya mecoba berkolaborasi dengan beberapa anak muda dengan memainkan apk “myapiq”. Saya mencoba mengimbangi anak-anak milenial berkarya di dunia nyata – tentu saja saya tetap tua. Di situasi seperti itu saya menyerap energi jiwa muda mereka.

4. Bermain dengan lintas generasi. Saat ini saya sedang memainkan game, sebagai nubie, edutuber nasional. Sebuah tantangan bagi saya untuk menciptakan entreprenuer bidang edukasi dengan bantuan media digital yang makin berlimpah dan mudah.

5. Mainkan game olah raga ringan. Saya suka olah raga badminton: seru, santai, dan penuh canda. Olah raga renang tampaknya juga menyenangkan.

Saya yakin masing-masing dari kita dapat memainkan game kreasi kita sendiri. Game yang memacu adrenalin kita sambil berharap memercikkan rasa bahagia kepada sesama.

Game apa yang akan Anda mainkan?

Iklan

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: