Youtube Tidak Nyaman Tapi Aman dengan COPPA

Awal 2020 youtuber harus mematuhi COPPA untuk melindungi anak-anak secara online.

Baguskan? Bagus tapi tidak bagus.

Bagus karena anak-anak kita menjadi lebih aman terlindung secara online. Tidak bagus karena beberapa konten positif menjadi sulit ditemukan.

Kita masih menunggu bagaimana youtube akan menerapkan kepatuhan terhadap COPPA. Sejauh ini kita percaya youtube (dan google) berhasil menemukan cara terbaik untuk memberikan layanan ke masyarakat.

Saat ini youtube hanya meberikan 2 pilihan yes atau no saja. Saya kira akan ada pilihan yang lebih cerdas lagi.

Pilihan “yes” memastikan konten Anda hanya untuk anak. Maka konten Anda aman karena terbatas untuk menjaga anak-anak. Dan youtube mengingatkan bahwa pilihan ini akan bisa berdampak menurunnya traffic.

Pilihan “no” memastikan konten Anda tidak cocok untuk anak. Maka youtube akan menjauhkan dari anak-anak.

Pilihan ketiga, seperti pilihan sementara saya di atas, adalah tetap yes atau no tetapi secara manual satu video demi video.

Kita sudah tahu bila ingin aman sekali maka resiko kurang nyaman. Sebaliknya bisa terjadi bila ingin nyaman sekali maka resiko tidak aman. Posisi sementara saat ini youtube memilih untuk lebih aman tampaknya.

Belajar dari google console saya kira youtube bisa menempuh pendekatan yang lebih kreatif. Di satu sisi tetap aman, di sisi lain juga cukup nyaman. Google console memberikan beberapa pilihan dan proses tidak sekedar yes atau no.

Mari kita tunggu terobosan youtube selanjutnya.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: