KPK Tak Kuat Berantas Korupsi

Kita berharap banyak bahwa KPK akan mampu memberantas korupsi. Tapi KPK tidak kuat memberantas korupsi. Setidaknya dapat kita lihat sepuluh tahun terakhir ini.

Lalu apa yang bisa memberantas korupsi?

KPK tetap kita perlukan. Tapi tidak cukup. KPK tampak lebih kuat menangkap, menghukum pelaku. Sementara kita butuh mencegah korupsi. KPK punya fungsi pencegahan. Masih perlu dukungan lebih besar lagi.

Dukungan apa yang bisa mencegah korupsi?

Pendidikan yang mecerdaskan.

Pendidikan dapat mencegah korupsi. Perlu waktu panjang untuk mendidik generasi muda menjauh dari korupsi. Tidak ada jalan pintas untuk pendidikan. Tidak ada jalan pintas untuk mencegah korupsi.

  1. Pendidikan menyadarkan generasi muda bahwa korupsi harus ditinggalkan. Korupsi tidak baik untuk negara, masyarakat, mau pun diri sendiri.
  2. Generasi muda mendorong generasi tua agar tidak korupsi. Pun generasi muda menularkan semangat anti korupsi ke generasi berikutnya.
  3. Generasi muda bisa fokus dengan kontribusi positif. Khususnya di industri 4.0, industri digital, generasi muda kita telah mengukir prestasi dunia.
  4. Generasi muda terlahir di jaman digital. Tumbuh di lingkungan digital. Mereka harus mampu berkarya dan sekaligus mencegah resiko negatif dari industri digital.
  5. Pendidikan untuk generasi tua agar ikhlas memberi tongkat estafet ke generasi muda. Generasi tua lebih fokus memberikan “warisan” positif untuk masa depan.

Apakah sistem pendidikan kita akan mampu mencerdaskan generasi muda? Mampu mencegah korupsi? Mampu memajukan negeri?

Jawabannya: harus mampu. Kita punya potensi. Kita berlimpah anugerah ilahi.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: