Ritual Kreatif Inovatif

Setiap Kamis sore jelang malam Jumat, saya berusaha untuk kumpul bareng dengan seluruh anggota keluarga. Sholat berjamaah. Baca Quran. Doa bersama. Lalu ngobrol santai. Peserta dari anak SD, SMP, SMA, mahasiswa, dan orang tua – saya dan istri.

“Ritual kumpul begini sangat penting.”
“Kenapa?” tanya anak saya.
“Di jaman milenial seperti sekarang, masing-masing orang punya kesibukan. Tidak mudah untuk berkumpul bersama. Apalagi rutin tiap pekan. Plus ritual berdoa menjadi penuh makna. Memberi arah hidup – dan mati kita. Memberi pegangan yang kuat.”

Lalu saya biasanya membuka diskusi dengan mengutip ayat Quran. Anak-anak sering penasaran bila membahas surga dan neraka, kehidupan jin dan malaikat, serta awal mula penciptaan alam semesta.

Tapi anak-anak sudah hafal kesimpulannya, dari yang SD maupun mahasiswa, yaitu: beriman, beramal soleh untuk semua umat, terbuka saling menasehati, dan bertanggung jawab sepenuhnya.

Diskusi bisa meloncat sewaktu-waktu membahas industri 4.0 dan perkembangan teknologi masa depan. Bagaimana jika robot hebatnya melebihi manusia?

Kemarin diskusi mengarah ke inovasi kreatif apa saja yang sudah kami hasilkan secara orisinal di bidang konten matematika. Anak-anak sejak kecil belajar matematika dengan metode APIQ. Dua di antaranya sekarang sudah jadi mahasiswa. Maka mereka bisa mengenali konten matematika yang asli dari APIQ dan yang meneruskan dari penemuan-penemuan ilmuwan masa lalu.

Berikut ini daftar inovasi kreatif kami yang orisinal. Tentu saja orang lain di tempat dan waktu yang berbeda bisa saja menemukan secara orisinal konten yang sama. Bukankah kalkulus ditemukan oleh dua orang berbeda, di waktu berbeda, di lokasi berbeda? Newton di Inggris dan Leibniz di Jerman.

  1. Perkalian bintang
    Metode perkalian cepat untuk dua angka dengan dua angka. Bisa dikembangkan untuk perkalian sebarang angka. Langsung dituliskan hasil perkalian tanpa proses antara.
  2. Kuadrat cepat
    Metode menghitung kuadrat langsung jawaban. Berlaku umum untuk semua angka.
  3. Satria Putri Luhan
    Metode menghitung pangkat 3 dengan kisah satri versus putri.
  4. Menghitung akar kuadrat
    Metode menghitung akar kuadrat berlaku umum untuk hasil bilangan rasional.
  5. Menghitung akar kubik
    Metode sangat mudah menghitung akar kubik untuk hasil rasional.
  6. Luas lingkaran sebagai segitiga
    Menghitung luas lingkaran semudah luas segitiga tanpa harus melibatkan bilangan irasional pi dalam banyak hal. Khususnya menghitung luas piza.
  7. Menghitung luas bidang kurva sebagai segitiga
    Kita bisa menghitung luas dengan integral. Tetapi variasi luas segitiga menjadi sangat mudah.
  8. Bintang aljabar
    Metode operasi aljabar menjadi sangat mudah dengan peraga visual. Perkalian pembagian aljabar menjadi sederhana.
  9. Perbandingan terbalik
    Pendekatan bintang terbalik memudahkan berbagai macam masalah perbandingan berbalik nilai. Pendekatan beban kerja yang rusak untuk ditangani pekerja tambahan menjadi lebih mudah.
  10. Perbandingan senilai kantong ajaib
    Kantong ajaib selalu asyik. Persamaan parametrik tingkat tinggi menjadi mudah dengan kantong aljabar.

Masih banyak inovasi kreatif lain yang akan saya tambahkan di daftar. Sambil mengingat-ingat dan melihat berbagai macam catatan di blog dan canel paman apiq. Di antaranya triple pythagoras dan “kucing hitam dalam mobil desi centil mondar-mandir.”

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Ikuti Percakapan

3 Komentar

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: