Musik Mencerdaskan: Nyata dan Terukur

Sudah banyak yang menyatakan bahwa musik itu mencerdaskan. Tapi baru kali ini benar-benar nyata. Bahkan terukur peningkatan kecerdasan karena musik. Bila berminat kita bisa langsung menguji kecerdasan sebelum dan sesudah mendengarkan musik gratis ini.

Awalnya saya bereksperimen mengajarkan matematika hanya menggunakan iringan musik. Tanpa bahasa Indonesia pun tanpa english. Eksperimen berbulan-bulan ini menemukan momentum ketika memasuki bulan ramadhan 2020.

Saya terbiasa mengajar matematika dengan bahasa Indonesia dan english. Sudah 20 tahun lebih. Hampir 30 tahun. Saatnya berkreasi dengan hal-hal baru.

Bulan ramadhan sebagai muslim tentu berpuasa. Mengajar dengan menggunakan bahasa penuh semangat ternyata cukup berat. Sehabis mengajar bisa terasa kering tenggorokan padahal maghrib masih lama.

Saya mencoba eksplorasi lebih jauh bagaimana jika mengajar tanpa kata-kata?

Maka saya buatkan video tanpa satu kata pun. Belajar matematika hanya dengan iringan musik melalui youtube.

Misalkan video di atas, saya mengajarkan teorema pythagoras hanya dengan musik saja. Sedangkan di bawah contoh mengajarkan aljabar sangat mudah dengan musik.

Lebih lengkap ada sekitar 12 video saat ini saya lampirkan di playlist bawah.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: