Bisa Ada Kutu di Google

Beberapa tahun lalu saya menerima kiriman uang dari google beberapa ribu dolar. Ada apa ini? Tapi lumayan juga kan? Hahaha…

Saya coba cek sana-sini. Mulai mengerti. Tampaknya ini ada hubungannya dengan kutu. Barangkali ini adalah solusi untuk masalah kutu. Kutu bisa ada di mana saja. Solusi google menurut saya menarik juga.

“Kutu (bahasa Inggris: bug) adalah suatu cacat desain pada perangkat keras atau perangkat lunak yang mengakibatkan terjadinya galat pada peralatan atau program sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kutu umumnya ditemukan pada perangkat lunak, bukan perangkat keras.”

Sering saya ceritakan bahwa youtube berpotensi besar meningkatkan kualitas pendidikan di dunia. Musim corona covid 19 manfaat video edukasi youtube makin terasa besarnya.

Tahun 2008, saya merintis canel edukasi di youtube.com/edujiwa dan tahun 2011, youtube menawari saya kerja sama iklan. Saya terima maka mulai tayang iklan di beberapa video saya. Masalahnya tidak muncul dolar dalam report (earning estimated).

Pada akhir 2012, teman-teman youtuber sudah cair dolarnya. Saya tetap 0 dolar dalam earning estimated. Saya coba kontak sana-sini. Terhubung dengan seorang officer youtube dari USA. Sebut saja namanya Joy.

Joy menunjukkan masalah di saya adalah karena belum terhubung antara youtube dan akun adsense – padahal saya sudah pernah menghubungkan antara keduanya. Joy menunjukkan prosedur mengaitkan itu. Saya lakukan. Dan dicek Joy sudah benar adanya. Kejadian itu sekitar Februari 2013.

Beberapa hari kemudian saya hubungi Joy lagi. Masalah saya belum selesai. Estimated earning masih 0 dolar. Joy ngecek lalu bilang adsense saya tidak terhubung dengan youtube maka tetap 0. Dia minta saya untuk menghubungkan lagi. Saya lakukan dan beres.

Beberapa hari kemudian masalah tetap ada. Saya kontak Joy lagi. Dan Joy bilang sedang ada masalah di engineering serta sedang diperbaiki. Masalah semacam ini disebut sebagai “kutu” atau “bug” dalam perangkat lunak. Secara logika masalah ini harusnya terselesaikan. Nyatanya tetap ada masalah.

Putus nyambung akun youtube saya itu berlangsung beberapa bulan. Seorang peserta yang ikut forum saya itu, orang Perancis kalau tidak salah, memuji kesabaran saya yang lebih dari 3 bulan tetap bertahan.

Bukan hitungan bulan tapi sampai tahunan.

Bagi saya, Joy menangani masalah dengan baik. Mengakui ada masalah dan sedang memperbaikinya. Bahwa itu belum berhasil, kadang begitulah perilaku kutu.

Baru sekitar Februari 2015 solusi datang. Berupa kiriman dolar dari youtube. Diikuti earning estimated muncul nilainya, tidak lagi 0.

Saya kagum dengan solusi yang ditempuh oleh youtube. Tapi saya tidak tahu apa yang akan terjadi seandainya data dolarnya saya tidak pernah ditemukan. Bagaimana cara estimasinya?

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: