Akhir Corona Strategi Normal

Dengan skenario normal kita bisa mengakhiri pandemi corona dalam beberapa bulan sampai beberapa tahun. Ada resiko pandemi menjadi musiman tidak pernah berakhir. Berharap terjadi herd immunity dengan bantuan vaksin. Tanpa vaksin terlalu besar resiko bila harus herd immunity.

Definisi Normal

Apa definisi normal?

Saya mendefinisikan normal adalah nilai R kurang lebih 1. Orang boleh berbeda. Dengan definisi ini maka saya membuat skenario normal bagian tengah. Lihat gambar grafik di atas.

Normal tengah berarti R bergerak turun dari 1,1 menjadi 1,0 turun lagi ke 0,9 lalu naik ke 1, ke 1,1 dan turun lagi. Begitu seterusnya.

Terjadi dua puncak pada gambar. Puncak pertama adalah kasus aktif mencapai 45 ribu orang sekitar 7 minggu atau 2 bulan ke depan. Lalu kasus aktif turun, naik lagi mencapai puncak 43 ribu orang sekitar 32 minggu atau 8 bulan ke depan.

Total kasus tentu saja selalu naik karena dijumlahkan dengan adanya kasus baru. Total mencapai 544 ribu orang pada 40 minggu atau 10 bulan ke depan.

Skenario normal tengah ini pada akhirnya akan menyelesaikan pandemi dalam beberapa tahun ke depan. Semoga ditemukan vaksin maka lebih cepat.

Normal bawah adalah skenario di mana R bergerak turun naik antara 1,0 dengan 0,9 seperti gambar di bawah ini.

Bisa kita lihat total kasus aktif bergerak turun dengan cepat (garis putus-putus warna kuning). Karena R di bawah 1 maka kasus aktif memang turun. Dalam 60 minggu atau 1,25 tahun ke depan kasus aktif tinggal 580 orang. Tidak lama dari itu pandemi akan berhenti.

Tentu saja total kasus akan selalu naik dan mencapai 202 ribu orang pada 60 minggu ke depan. Tapi ini tidak telalu masalah karena tambahan tiap hari makin sedikit.

Semoga yang dimaksud dengan normal adalah normal bawah seperti baru kita bahas itu.

Adakah normal atas? Tentu saja!

Normal atas adalah ketika R bergerak naik turun antara 1,0 dan 1,1 seperti gambar di bawah ini.

Tampak jelas total kasus aktif dan total seluruh kasus sama-sama naik. Kasus aktif mencapai 2,5 juta orang pada 60 minggu ke depan. Sedangkan total seluruh kasus mencapai maksimal 15 juta orang.

Tentu kita harus menghindari kasus normal atas yang bahaya ini.

Pilihan kita hanya normal tengah atau normal bawah. Kita perlu terus memantau pergerakan nilai R setiap saat. Menjaga nilai R agar tetap rendah.

Sementara nilai R nasional Indonesia bergerak di sekitar 1,1 tentu masih mengkhawatirkan. Tapi dengan kesungguhan dan seluruh kecerdasan kita bisa menghadapi wabah corona ini.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: