Harapan Baru ke Mendikbud Termuda: Nadiem Makarim

Besar harapan kita bahwa pendidikan nasional segera maju. Apakah mendikbud yang baru akan berhasil memajukan pendidikan nasional? Latar belakang Pak Menteri menjadi sorotan yang sangat menarik: bos Gojek yang sukses luar biasa di bidang bisnis digital.

Nadiem Makarim resmi menjadi mendikbud periode 2019 – 2024 sekaligus menjadi menteri termuda sepanjang masa. Barangkali dengan mendikbud generasi digital kita berharap bisa memajukan pendidikan berbasis teknologi digital.

  1. Pemerataan pendidikan. Masalah pemerataan pendidikan adalah yang terbesar di negeri ini. Masyarakat di daerah terpencil sulit mendapatkan pendidikan bahkan untuk tingkat dasar sekalipun. Pengalaman Pak Menteri di dunia digital akan mampu melakukan pemerataan pendidikan ke seluruh penjuru dengan memanfaatkan teknologi digital.

    Masih terdapat beberapa kendala untuk pemerataan pendidikan ini di antaranya adalah infrastruktur digital tidak tersedia di beberapa pedalaman negeri ini. Namun dengan pendekatan “kolaborasi” oleh Pak Menteri kendala ini bisa diatasi. Pembangunan infrastruktur digital di daerah bisa saja menguntungkan secara ekonomi yang sekaligus memajukan pendidikan.

    https://www.slideshare.net/agusyes/edutuber-nasional-proposal-detil-workshop-3-hari
  2. Peningkatan kualitas pendidikan. Lagi-lagi teknologi digital menjadi harapan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Saya sendiri aktif meningkatkan kualitas pendidikan melalui media digital: edutuber nasional. Terbukti para siswa berhasil meningkatkan kualitas pendidikan melalui youtube saya. Guru-guru memanfaatkan youtube saya meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

    https://www.slideshare.net/agusyes/myapiq-bimbel-online-edukasi-40-gratis

    Mendikbud kita tentu punya banyak cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita. Untuk kemudian pendidikan yang berkualitas kita sebarkan ke seluruh penjuru negeri.

  3. Pendidikan sejati. Tidak hanya masalah kurikulum tercapai. Pendidikan nasional memiliki tugas membangun manusia sejati. Misalnya membentuk generasi muda yang memiliki karakter pembelajar. Penasaran akan ilmu baru, mengembangkan kreativitas, jujur terhadap ilmu dan lain sebagainya.

    Untuk pendidikan sejati, saya kira medikbud memiliki tim yang kompeten untuk menangani ini. Pak Menteri dapat memimpin langsung membangun negeri dengan pendidikan sejati.

Semoga Indonesia makin maju. Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: