Youtuber Tidak Butuh Dolar Lagi Karena 2 Hal

Sombong banget youtuber ngaku tidak butuh uang.

Sementara banyak orang mencari uang. Mencoba membuat canel youtube agar dapat uang. Dolar kecil tetap dikumpulkan agar jadi besar. Di sisi lain, youtuber terkenal bilang tidak butuh uang dari youtube.

Apa yang terjadi?

Saya lebih dari 10 tahun mengelola beberapa canel youtube. Dari pengamatan dan pengalaman saya menunjukkan ada 3 tahap youtuber. Dua di antaranya memang tidak butuh uang. Tidak butuh dolar.

  1. Tahap awal di mana penghasilan dari youtube terlalu kecil. Di tahap ini youtuber mengatakan saya berbagi video tidak karena uang. Saya tidak peduli dengan uang dolar dari youtube. Saya hanya niat berbagi saja.

    Misal penghasilan tiap bulan 1 dolar atau 10 dolar. Setara 10 ribu rupiah sampai 200 ribu rupiah. Angka ini terlalu kecil. Bahkan dolar sekecil itu tidak bisa dicairkan. Karena minimum pencairan youtube 100 dolar. Maka wajar saja youtuber tahap ini mengatakan, “Saya tidak butuh dolar dari youtube.”

  2. Tahap menengah di mana penghasilan lumayan. Misal seorang youtuber tinggal di kabupaten di mana upah minimum regional adalah 2 juta rupiah per bulan. Sedangkan penghasilan dia dari youtube lumayan sekitar 2 juta maka youtuber tahap ini akan peduli banget dengan dolar youtube.

    Bahkan youtuber menengah itu kadang-kadang rela keluar dari tempat kerja. Lalu menekuni youtuber sehingga penghasilan dari youtuber makin meningkat. Saya punya teman youtuber pada level ini dan dia keluar dari jabatan karyawan bank nasional.

    Youtuber tahap menengah ini sangat butuh dolar bahkan ingin terus meningkat.

  3. Tahap tinggi di mana penghasilan lebih tinggi dari kerja. Youtuber tahap ini juga mengatakan saya tidak butuh dolar dari youtube. Saya hanya berbagi video saja. Karena kebutuhan uang dia sudah tercukupi.

    Misal contoh youtuber yang upah minimum 2 juta. Penghasilan dari youtube dia tiap bulan 10 juta atau 20 juta. Maka jumlah ini lebih dari cukup. Sehingga dia bisa mengatakan saya tidak butuh lagi dolar. Bukan karena dia tidak mau dapat dolar tapi karena dolar yang masuk sudah lebih dari cukup.

    Belum lagi pemasukan lain misal dari iklan luar atau endorse produk di canelnya. Maka total pendapat bisa saja di atas 30 juta per bulan.

    Mereka memang tidak butuh dolar!

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: