Covid Indonesia Gawat Tapi Membaik

Sudah lebih tiga bulan kita mengurung diri di rumah. Sejak awal Maret resmi diumumkan kasus corona covid 19 ada di Indonesia. Belum mereda kondisi pandemi di negeri ini. Angka reproduksi masih di atas 1 yaitu R = 1, 05.

R Nasional di atas 1 tapi cenderung turun.

Seperti kita tahu nilai R di atas 1 artinya virus corona masih terus mewabah. Sedangkan bila R di bawah 1 maka wabah akan mereda. Bisa kita lihat di grafik di atas. Pada 24 Mei nilai tertinggi R = 1,20. Kondisi ini berbahaya karena wabah bisa terus meluas. Pun hari itu bertepatan dengan lebaran idul fitri.

Tetapi kabar baiknya nilai R ini terus turun mencapai 1,05 di 5 Juni 2020. Sayangnya tidak berlanjut turun. Tertahan di dua hari berikutnya.

Dengan displin jaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan semoga kita semua terjaga tetap sehat dan menurunkan nilai R sampai di bawah 1.

R DKI Jakarta konsisten di bawah 1

DKI termasuk wilayah yang paling rawan dari serangan corona covid 19. Banyak pihak yang ingin membuka PSBB agar roda ekonomi ibu kota segera berputar kembali. Tapi tampaknya gubernur memilih melanjutkan PSBB dengan transisi.

Akhir Mei sempat nilai R = 1,075 tentu sangat menghawatirkan. Berhasil turun menembus R = 1.00 di bulan Juni 2020. Dan mampu bertahan sampai 7 Juni di R = 0,946. Bila sampai 14 hari berhasil konsisten di bawah 1 tentu ini kabar baik untuk kebangkitan roda ekonomi Indonesia dimulai dari ibu kota. Semoga Indonesia berhasil.

Jawa Timur Menghitam Memudar

Kota Surabaya, ibu kota Jatim, menjadi zona hitam – merah tua. Awal Juni nilar R terus menanjak sampai puncaknya R = 1.184. Untunglah beberapa hari kemudian jadi turun. Bahkan 7 Juni menyentuh R = 1,00 (pembulatan dari 1,020).

Bu Risma, wali kota Surabaya, sudah ingin membuka kembali semua kegiatan bisnis. Roda ekonomi perlu berputar. Di satu sisi ini diperlukan. Di sisi lain ini masih mengandung resiko besar.

Semoga Jatim sehat selalu dan R menuju bawah 1.

R Jateng Sempat di Bawah 1 Lalu Naik Lagi

Akhir Mei masih di atas 1. Lalu meluncur ke bawah. Berhasil menembus R = 0,9971 di 2 Juni 2020. Sayang hanya mampu bertahan beberapa hari saja. Nilai R kembali naik mencapai 1.0790 di 7 Juni 2020.

Jateng konsistem melanjutkan PSBB. Keputusan yang baik dari pimpinan.

Pengalaman Jateng bisa jadi pelajaran bagi kita semua. Nilai R dinamis dan sensitif. Bisa berubah-ubah setiap waktu. Yang sudah berhasil di bawah 1 pun harus hati-hati. Tetap disiplin sesuai protokol kesehatan. Semoga sehat selalu!

Jawa Barat Sempat R di Bawah 1

Banyak pelajaran menarik dari Jabar. Pertengahan Mei sempat R di bawah 1. Bahkan PSBB Jabar akan dicabut waktu itu. Tetapi R naik lagi di atas 1 maka PSBB dilanjutkan, tidak jadi dicabut.

Akhir Mei Jabar kembali berhasil turun ke bawah 1. Selang 3 hari kembali menanjak ke atas 1. Dan di 7 Juni ini kembali di bawah 1 dengan nilai R = 0,935.

Sekali lagi, corona ini sensitif. Bagaimana perilaku masyarakat, perilaku kita menentukan perkembangan wabah covid 19. Semoga sehat selalu.

Kabupaten Tulungagung dari Bahaya Menuju Aman

Habis lebaran R di Tulungagung Jatim hampir 1,20 tentu bahaya. Tapi bulan Juni berhasil menembus R = 1,00 dan mampu bertahan di bawah 1 sampai tanggal 7 Juni.

Bagaimana pun perlu tetap hati-hati karena tiga hari terakhir nilai R cenderung naik. Meskipun masih aman tetap di bawah 1.

Bagaimana menurut Anda?

Disclaimer:
Tulisan ini ditujukan hanya untuk kajian ilmiah. Penggunaan untuk keperluan lain harus ada kajian lebih mendalam lagi.

Nilai R diestimasi dengan metode geometric mean of ratio yang dikembangkan paman APIQ.

Penghitungan dilakukan dengan menggunakan ms excel.

Sumber data mengacu kepada pengumuman resmi gugus tugas diambil dari berbagai web.

Interest: penulis tidak berkepentingan dengan pihak tertentu.

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: