Kurva Perjalanan Pandemi sampai Solusi

Solusi dari pandemi bisa kita lihat di depan mata kita. Berikut ini saya sajikan gambar kurva perjalanan pandemi. Terima kasih spesial untuk Mas DR Budi Sulistyo yang telah dengan apik memformulasikan kurva perjalanan pandemi.

Amerika sebagai negara terbesar, dalam menghadapi pandemi, tampak masih jauh berjalan ke kanan atas. Pandemi belum menunjukkan tanda-tanda selesai di US. Sementara Cina, yang paling awal mengalami pandemi, tampak mulai kembali ke titik O di kiri bawah. Meski demikian Cina mengalami beberapa lonjakan baru khususnya di Hongkong.

Perjalanan pandemi beberapa negara tetangga dapat kita lihat melalui kurva perjalanan pandemi pula.

Thailand tampak paling berhasil dalam perjalanan pandemi. Kita bisa belajar banyak darinya. Singapura sudah ke arah mau pulang. Sayangnya kembali jalan-jalan. Indonesia tampak masih berjalan jauh ke kanan atas.

Bagaimana solusi untuk kembali?

Mari kita lengkapi dengan beberapa angka.

Indonesia berjarak 37 338 orang untuk bisa kembali sampai selesai. Sementara di hari terakhir, 31 Juli 2020, justru bergerak menjauh dengan kecepatan +353 orang/hari. Dengan kondisi ini kita belum bergerak ke arah pulang.

Seandainya kita bergerak pulang, dengan konsisten, maka perlu waktu = 236 hari. Posisi kita pada arah 37,3K/1,8 di mana masih ada 37 300 orang yang sedang dirawat dan dalam 1 hari ada sekitar 1 800 kasus baru.

Bali

Provinsi Bali tampak optimis untuk bergerak kembali.

Berjarak 483 orang dengan kecepatan menuju kembali = -41 orang/hari. Seandainya konsisten maka perlu waktu 138 hari untuk selesai. Posisi pada arah 483 orang masih dirawat dan ada penambahan kasus baru sekitar 47 orang tiap hari.

Yogyakarta

DIY yang semula tenang, saat ini mulai gerak berjalan ke kanan atas.

Berada pada jarak 262 orang dan kecepatan bertambah 52 orang/hari. Seandainya bisa konsisten turun maka perlu waktu 124 hari. Posisi pada arah 260 orang sedang dirawat dan ada penambahan 64 kasus baru per 1 hari terakhir.

Provinsi di Indonesia

Kurva perjalanan pandemi beberapa provinsi di Indonesia dapat kita lihat melalui gambar-gambar berikut. Sebagian besar masih bergerak jalan ke kanan atas. Dan ada yang mulai bergerak kembali ke titik O. Semoga pandemi segera selesai.

Solusi

Berbagai macam solusi sudah pernah kita bahas. Di antaranya adalah menciptakan vaksin, inovasi meningkatkan angka penyembuhan, dan manajemen perilaku.

Setiap anggota masyarakat bisa berperan aktif mengembangkan solusi dengan menerapkan manajemen perilaku yang mencegah penularan. Para pemimpin dapat mengarahkan sistem dan aturan agar manajemen perilaku berhasil meredam pandemi.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: