Target Gini 2021

Sedikit lagi hebat.

Tapi butuh perjuangan yang sedikit lagi itu. RAPBN 2021 memasang target Gini di 0,377 – 0,379.

Padahal bila turun sedikit di bawah 0,375 itu luar biasa.

Target RAPBN yang di atas 0,377 itu masih masuk klasifikasi buruk menurut nilai ketimpangan yang saya kembangkan. Hanya perlu turun 0,002 saja maka masuk klasifikasi sedang – moderat.

Saat Gini di atas 0,377 maka sekitar 25% penduduk Indonesia hanya mengkonsumsi sekitar 15% atau 10% dari rata-rata konsumsi Indonesia. Rata-rata konsumsi Indonesia sudah bagus masuk menengah atas yaitu sekitar 5 juta rupiah per orang per bulan. Tapi dengan Gini yang masih agak tinggi maka akan ada sekitar 70 juta orang Indonesia yang konsumsinya sekitar 500 ribu – 750 ribu rupiah per bulan.

Sedikit berbeda bila kita berhasil menurunkan Gini di bawah 0,375. Kondisi akan lebih baik yaitu 25% populasi termiskin menkonsumsi sekitar 20% dari rata-rata. Yang berarti ada sekitar 70 juta orang Indonesia yang konsumsinya 1 juta rupiah per bulannya – minimal. Anggap satu keluarga terdiri 4 orang maka mengkonsumsi, minimal, 4 juta rupiah per bulan. Cukup bagus meski tidak terlalu bagus.

Sayangnya rasio Gini memang tidak terlalu mudah dirasakan. Maka saya mengembangkan nilai ketimpangan n yang lebih intuitif. Semoga lebih memudahkan untuk mengurangi ketimpangan.

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: