Konstanta Evolusi vs Fisika

Mengapa tidak ada konstanta biologi? Atau saya belum tahu.

Konstanta fisika muncul sampai lebih dari 100 buah. Dari konstanta gravitasi Newton, konstanta gaya Coulomb, sampai konstanta kecepatan cahaya di ruang hampa C.

Konstanta fisika ini mentukan evolusi jagad raya sejak big bang sampai ada kehidupan di bumi. Akhirnya, akibat dari konstanta itu, muncul manusia yang berhasil mengungkapkan konstanta-konstanta tersebut. Seandainya konstanta itu berbeda sedikit saja nilainya maka evolusi jagad raya akan berbeda arah. Tidak pernah muncul manusia seperti kita.

Charles Darwin

Begitu pentingnya peran konstanta. Saya berpikir kita bisa juga menetapkan konstanta evolusi untuk lebih mudah memahami proses evolusi sampai terbentuk manusia yang sadar ini.

Asumsikan evolusi Darwin benar bahwa manusia berasal dari kera, bahkan berasal dari makhluk hidup sel tunggal. Maka kita akan menghitung beberapa konstanta evolusi yang mungkin. Dan berharap bisa diverifikasi secara empiris. Falsifiable.

Misal kita menghitung waktu evolusi dimulai dari big bang sebagai titik 0, sekitar 5 milyard tahun lalu. Atau bisa mengacu awal muncul kehidupan 4 milyard tahun lalu. Manusia muncul di muka bumi sekitar 5 juta tahun lalu sebagai homini. Sedangkan homo sapiens, manusia modern saat ini, muncul 200 ribu tahun yang lalu. Kera muncul 10 juta tahun yang lalu.

homo sapiens (manusia modern) = 0,2 juta tahun lalu
kera pertama = 10 juta tahun lalu

Waktu yang diperlukan makhluk hidup pertama sampai muncul kera,

4 milyar – 10 juta = k

Waktu yang diperlukan sampai muncul manusia,

4 milyar – 0,2 juta = m

Maka perbandingan manusia terhadap kera adalah,

m/k = 1,002

Bila perbandingan ini kita buat estimasi kapan kera jaman sekarang akan berevolusi menjadi homo sapiens, manusia modern,

(m/k – 1)*4 milyard tahun = 9, 824 juta tahun => 10 juta tahun.

Kesimpulan: dalam waktu 10 juta tahun ke depan akan ada evolusi kera, ape, jaman sekarang yang berubah menjadi manusia, homo sapiens. Tetapi waktu 10 juta tahun terlalu lama untuk verifikasi.

Barangkali kita mencoba membandingkan kera, ape, dengan gorila.

waktu yang diperlukan sampai muncul gorila adalah,

4 milyard – 9 juta = g

Perbandingan gorila dengan kera,

(g/k – 1) * 4 milyard tahun = 1, 003 juta tahun => 1 juta tahun

Kesimpulan: dalam waktu 1 juta tahun ke depan akan ada kera, ape, yang berevolusi menjadi gorila.

Jika 1juta tahun terlalu lama maka bisa dicari waktu yang lebih pendek. Misal ketika Darwin mengajukan teori evolusi, sekitar 150 tahun yang lalu, barangkali sudah ada data genetika tentang kera. Apakah keturunan kera di masa Darwin itu sudah menunjukkan evolusi menuju gorila di masa sekarang?

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: