Evolusi Tiada Henti: Manusia vs Kera

Teori evolusi Darwin langsung mendapat sambutan hangat, bahkan panas. Manusia modern, jaman sekarang, berasal dari kera, kera yang mirip manusia. Thomas Huxley memberi banyak argumen membela teori evolusi Darwin yang seperti itu. Tentu saja banyak yang menolak. Terutama umat beragama meyakini bahwa manusia pertama adalah Adam. Maka tidak mungkin manusia punya nenek moyang berupa kera.

What is Evolutionary Creation? - Common-questions - BioLogos

Sebagian orang mengambil jalan tengah. Mereka menganggap teori evolusi tidak bisa menyimpulkan bahwa nenek moyang manusia adalah kera. Itu kesimpulan yang salah. Teori evolusi hanya bisa menyimpulkan bahwa manusia dan kera memiliki nenek moyang yang sama. Jadi, nenek moyang manusia adalah manusia. Sedangkan nenek moyang kera adalah kera juga. Tapi berbentuk apakah nenek moyang yang sama, yang sama-sama nenek moyang manusia dan kera?

Pada tulisan ini saya akan membahas teori evolusi dari berbagai macam sudut pandang. Yang paling dominan, saat ini, adalah sudut pandang ilmiah yang reduksionis. Memandang segala sesuatu, cenderung, terbatas fenomena materialistis. Kita akan melangkah lebih jauh, dalam pembahasan ini, tidak hanya materialistis tetapi mempertimbangkan dengan baik argumen rasional, agama, dan lain-lain.

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: