Polisi Adil di Indonesia

Masyarakat Indonesia merasa aman dengan memiliki polisi yang adil dan profesional di seluruh penjuru negeri. Masalah bisa muncul sewaktu-waktu di tengah jalan. Apakah polisi akan tetap bisa bersikap adil? Bila kasus itu melibatkan polisi yang mungkin saja harus diadili?

Adil adalah mendengarkan dari semua pihak. Bahkan pihak yang tidak lagi bisa bersuara. Kita tetap perlu mendengarkan suaranya. Membungkam pihak tertentu maka bisa dipandang sebagai melanggar keadilan. Setiap manusia, termasuk diri kita, perlu bersikap adil.

Penampakan mobil Aiptu ICH rusak akibat kecelakaan maut di Jaksel

Mari kita coba cermati kasus terbaru yang terjadi pada 25 Desember 2020.

“Sambodo menjelaskan, Handana menjadi tersangka karena diketahui menyerempet mobil Toyota Innova dengan nomor pelat B 2159 SIJ yang dikendarai Aiptu Imam Chambali alias IC.

Akibat penyerempetan itu, mobil yang dikendarai Imam hilang kendali hingga menyebrang ke jalur berlawanan, lalu menghantam tiga pengendara motor.

Korban bernama Pinkan Lumintang (30) tewas di lokasi kejadian. Sementara, korban lain, Dian Prasetyo mengalami luka berat dan M Sharif luka ringan. ” (Sumber: Kompas.tv)

A. Handono ditetapkan sebagai tersangka

Sudah sewajarnya polisi menetapkan tersangka dalam kasus yang meyebabkan hilangnya nyawa di jalanan. Polisi sudah mengambil langkah yang baik dalam hal ini.

Apakah masih ada suara dari pihak lain yang perlu didengarkan? Tentu saja. Karena adil adalah mendengarkan suara semua pihak.

B. Pengemudi innova yang menabrak pemotor

Dari berita yang beredar, korban yang mengendarai motor adalah ditabrak mobil innova. Maka penelitian terhadap pengemudi innova menjadi penting. Apakah pengemudi ini harus bertanggung jawab?

Sayangnya, pengemudi innova adalah anggota polisi. Siapa yang harus meneliti anggota polisi? Apakah polisi harus meneliti polisi? Kabar baiknya, polisi Indonesia selalu berusaha konsisten menjalankan tugas dengan profesional.

C. Terjadi cekcok antara pengemudi

Berita, dari beberapa saksi, menyatakan bahwa sebelum kecelakaan, terjadi cekcok antara H (warga sipil, pengemudi Hyundai yang akhirnya menyenggol innova) dengan IC (anggota polisi, pengemudi innova yang akhirnya bertabrakan dengan motor korban). Cekcok ini perlu diteliti dengan baik. Apakah cekcok antara H dan IC ini bertanggung jawab terhadap kecelakaan?

Dan tentu saja masih banyak suara-suara dari pihak lain yang perlu didengarkan. Semoga Indonesia adil makmur!

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: