Super Digital Man

Di masa depan, bisa lahir manusia yang lebih kuat dari Superman yaitu Super Digital Man. Atau, kita singkat jadi Super Diman.

Superman memang kuat dengan kekuatan super. Seperti kita tahu, Superman bisa kalah oleh manusia biasa. Kita bisa mempelajari sisi lemah Superman, untuk kemudian, meng-eksploitasinya. Apalagi, jika manusia biasa itu adalah Batman yang didukung dana, teknologi, dan kecerdasan yang memadai. Maka Superman, benar-benar, bisa habis.

Super Diman lebih hebat dari Superman. Karena, di samping memiliki kekuatan super, Super Diman menguasai kekuatan digital. Super Diman menguasai AI sehingga dia lebih cerdas dari manusia. Super Diman menguasai media sosial sehingga dia menguasai suara politik sampai berita kepo receh. Super Diman menguasai teknologi blokchain sehingga semua kekayaan ada di tangannya.

Apa yang akan terjadi? Apakah Super Diman adalah baik hati? Apakah Super Diman adalah orang jahat? Bisakah Super Diman menjadi pahlawan bagi manusia untuk mengatasi korupsi politik dunia sampai krisis iklim? Bisakah Super Diman mewujudkan adil makmur alam raya? Atau, Super Diman membentuk kelas elit di antara mereka, kemudian, menindas umat manusia?

Pendahuluan: Lompatan Evolusi

1. Proses Lahir Super Digital Man
1.1 Dari Teknologi ke Manusia
1.2 Dari Manusia ke Teknologi
1.3 Inovasi Abad 21

2. Pahlawan yang Diharapkan
2.1 Runtuhan Demokrasi
2.2 Pahlawan Super Diman
2.3 Penjahat Super
2.4 Kutukan Demokrasi

3. Era Super Human
3.1 Seleksi Manusia Lemah
3.2 Sistem Moral Super Human
3.3 Kita adalah Manusia Purba

Penutup: Titik Henti Evolusi

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: