Prospek Usaha Ketika Pandemi Sirna

Kita patut bersyukur pandemi sirna. Catatan sejarah menunjukkan bahwa setelah terjadi pandemi akan diikuti lompatan kemajuan peradaban manusia. Kita segera bangkit lebih maju dari yang sebelum-sebelumnya.

Apakah Anda siap?

Siap tidak siap kita harus siap. Menyongsong masa depan cerah mulai saat ini, berbekal pengalaman – termasuk pengalaman pandemi. Berikut ini beberapa solusi dan prospek masa depan yang bisa kita kembangkan.

1. Meningkatkan Konsumsi

Teori ekonomi, yang saat ini banyak dipakai, menyarankan untuk meningkatkan konsumsi. Ketika konsumsi meningkat maka produksi didorong untuk meningkat pula. Barang-barang produksi dan jasa laris manis. Selanjutnya, roda ekonomi berputar.

Barangkali solusi meningkatkan konsumsi lebih tepat dijalankan oleh pemerintah dengan anggaran belanjanya dan perusahaan-perusahaan besar untuk mendorong dinamika.

2. Produksi Strategis

Prospek yang lebih terbuka lebar adalah produk strategis. Di mana, kita bisa mem-produksi barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat, di saat yang sama, aman dari ancaman covid. Misal warung atau restoran yang menerapkan jaga jarak dan prokes. Berdagang secara online membuka banyak prospek baru. Dan masih banyak prospek lainnya.

3. Pendidikan Kreatif

Selama pandemi, barangkali, bidang pendidikan adalah yang paling banyak dikalahkan. Hal semacam itu wajar saja. Karena, kita paham bahwa pendidikan itu penting tetapi tidak kritis. Maksudnya, pendidikan bisa ditunda untuk sekian waktu. Dan, ketika saat ini pandemi usai, maka pendidikan perlu bangkit kembali dengan cara yang kreatif.

Apakah pandemi benar-benar sudah usai? Benar, pandemi telah selesai. Bukan karena tidak ada ancaman covid lagi, tetapi, karena kita sudah 2 tahun lebih hidup bersama covid. Karena itu, kita sudah sanggup hidup bersama covid atau tanpa covid, termasuk adaptasi dengan prosedur kesehatan. Jadi, secara efektif, pandemi telah usai.

Kebangkitan pendidikan kreatif mengambil beragam bentuk: pendidikan formal, informal, dan non-formal.

3.1 Prospek Kursus Matematika

Kursus bahasa, kursus matematika, dan beragam bentuk kursus lainnya menjadi bidang penting untuk kemajuan generasi masa kini. Saya sendiri menyediakan program kerja sama afiliasi APIQ yang membantu Anda membuka kursus matematika dengan mudah. APIQ sudah menyediakan bahan ajar matematika kreatif dengan standar APIQ. Selanjutnya, Anda bisa membuka kursus matematika APIQ di lokasi Anda. Info lebih lengkap silakan kunjungi: program afiliasi APIQ.

3.2 Prospek Pelatihan Guru Kreatif

Para guru memerlukan keahlian baru karena tuntutan jaman, berupa kemajuan teknologi, dan perubahan kurikulum yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Guru perlu membekali diri dengan kemampuan kreatif dan memanfaatkan teknologi dengan canggih. APIQ menyelenggarakan program pelatihan kreatif secara rutin bulanan dan bisa diselenggarakan di lokasi Anda. Info lebih lengkap silakan kunjungi: training kreatif APIQ.

3.3 Edukasi Konten Digital

Kita sudah memasuki era digital. Dunia pendidikan juga masuk dunia digital. Tetapi, masa pandemi sudah menunjukkan bahwa program pendidikan melalui media digital online murni adalah gagal. Siswa tidak bisa belajar hanya melalui media online (kelas daring). Siswa tetap membutuhkan kelas tatap muka (kelas luring).

Kita perlu bersikap bijak terhadap media digital. Cukup sekedarnya saja, memanfaat media digital, untuk pendidikan. Tidak berlebihan dan tidak kurang. Dengan ukuran yang tepat dan metode yang tepat, edukasi konten digital akan memberikan pendidikan terbaik bagi generasi muda. Saya membuat beragam konten edukasi matematika melalui canel Paman APIQ.

Sukses selalu untuk kita semua. Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: