Badefisika: Metafisika Sampai Fisika

Kita semua sudah akrab dengan fisika yang merupakan inti dari sains. Sementara, metafisika kadang-kadang agak samar berupa sesuatu yang melebihi dari fisika. Lalu, apa itu badefisika?

“Metaphysics is the branch of philosophy that studies the fundamental nature of reality, the first principles of being, identity and change, space and time, causality, necessity, and possibility.” Wikipedia

Metafisika adalah cabang dari filosofi yang mengkaji pengetahuan prinsip pertama – memang melebihi sains fisika – meliputi realitas, wujud, ruang, waktu, kausalitas, dan lain-lain. Segala tema yang tidak sanggup dikaji oleh sains fisika, maka, dikaji oleh metafisika. Di satu sisi, metafisika tampak lebih hebat dari fisika. Di sisi lain, beberapa orang meragukan apakah metafisika ada gunanya.

Badefisika adalah konsep baru yang melengkapi fisika mau pun metafisika. Badefisika adalah masa depan dari fisika dan metafisika. Di saat yang sama, badefisika memanfaatkan kajian sains fisika dan metafisika sebagai bagian kajian utama. Sehingga, meski badefisika adalah masa depan, tetap saja bersatu dengan masa kini dan masa lalu yaitu fisika dan metafisika.

1. Sains Fisika
2. Metafisika
3. Badefisika

Iklan

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Ikuti Percakapan

1 Komentar

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: