Problem Politik Indonesia dan Dunia

Apakah, selamanya, politik itu kejam? Maling teriak maling? Memperkosa hak-hak sewajarnya?

Benar, politik memang kejam. Mengapa banyak orang berpolitik? Justru, orang-orang terbaik, mereka berpolitik? Bahkan, Anda tertarik politik?

Politik adalah solusi dari beragam masalah. Di saat yang sama, politik adalah problem itu sendiri. Atau, sumber dari segala problem. Kita akan membahas beberapa masalah penting dari politik secara bertahap.

1. Problem Politik
2. Hak Kewajiban
3. Bebas Adil

Pertama, kita akan menjawab apa hakikat politik? Hakikat politik adalah perebutan kekuasaan. Sehingga, wajar, bila ada yang ingin berkuasa sampai 3 periode. Putin meluaskan kekuasaan dari Rusia sampai Ukraina. Donald Trump ingin kembali berkuasa di USA. Apakah memang hanya perebutan kekuasaan makna dari politik?

Kedua, apakah politik mengutamakan hak atau kewajiban. Di Indonesia, setiap warga wajib saling menghormati. Lebih-lebih, rakyat wajib menghormati anggota dewan yang terhormat yaitu para politikus. Tetapi, bukankah para politikus itu hanya wakil rakyat? Sehingga, rakyat berhak menuntut laporan kerja dari politikus? Kita akan menyelidiki mana yang lebih utama antara hak dan kewajiban.

Ketiga, politik itu harus adil dan bebas. Mana yang harus diutamakan antara adil dan bebas? Demi keadilan, kebebasan bisa dikalahkan. Atau, demi kebebasan, keadilan bisa dilanggar? Tentu, kita memilih keduanya adil dan bebas. Tetapi, politik lebih mengutamakan adil atau bebas?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Ikuti Percakapan

1 Komentar

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: