Gelitik Asyik Politik

Akhirnya, politik benar-benar menggelitik asyik. Atau, malah, menggelikan. Bagaimana pun, geli atau asyik, sama-sama perlu kita nikmati. Secangkir kopi hangat pembuka pikiran, barangkali, bisa menerangi jalan politik yang suka temaram remang.

Presiden Jokowi tetap menjadi magnet manis bisik-bisik politik Indonesia. Tentu saja. Jokowi adalah presiden sampai 2024. Isu 3 periode sempat hangat. Bahkan, isu penundaan pemilu begitu seru.

Politik internasional, Putin mendominasi pemberitaan karena keputusan Rusia menyerang Ukraina. Meski Rusia tampak akan menang, tetapi, Ukraina siap berjuang. Hari ini adalah Jumat terakhir di bulan Ramadan. Biasanya, saudara-saudara kita di Palestina akan sholat Jumat dengan jamaah dalam jumlah sangat besar. Sementara, polisi dan tentara Israel, dalam jumlah besar pula, bersiaga mengepung mereka. Resiko besar terjadi bentrokan berdarah bisa sewaktu-waktu terjadi.

Kita menyaksikan kebuntuan politik lokal mau pun internasional. Tokoh dunia tidak mampu meredam perang Rusia-Ukraina yang sudah memakan korban ribuan nyawa tak berdosa. Lebih dari itu, puluhan tahun sudah berlalu, tokoh dunia juga tidak mampu menyelesaikan masalah pendudukan Palestina oleh Israel.

Meski begitu muram wajah politik umat manusia, tetap saja, politik adalah tanggung jawab kita bersama. Kita tidak bisa menghindar. Karena, politik akan senantiasa mengejar. Mendingan hajat politik itu kita hajar. Bersama politik, dan politikus, kita belajar.

Di bawah ini, saya mengumpulkan beberapa tulisan tentang isu politik yang kadang menggelitik. Dan lebih sering, menggelikan.

1. Palestina Israel: Konflik (Tidak) Berakhir
2. Adil Makmur: Politik Ekonomi Indonesia
3. Presiden 3 Periode dan Amandemen UUD
4. Erick Thohir for President 2024
5

Bagaimana menurut Anda?

Diterbitkan oleh Paman APiQ

Lahir di Tulungagung. Hobi: baca filsafat, berlatih silat, nonton srimulat. Karena Srimulat jarang pentas, diganti dengan baca. Karena berlatih silat berbahaya, diganti badminton. Karena baca filsafat tidak ada masalah, ya lanjut saja. Menyelesaikan pendidikan tinggi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini bersama keluarga tinggal di Bandung.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: